Kamu Juga Bisa Menyekolahkan Anak di Tempat Terbaik, Simak Tips nya!

Facebook
Instagram
no-image

Saya yakin deh hampir semua orang sudah mengetahui tugas dari seorang financial planner. Kalau Powerful Woman jawab, membantu klien untuk mencapai tujuan-tujuan finansial, atau yang lebih terdengar indah yaitu membantu klien untuk bisa hidup lebih sejahtera, yess Powerful Woman benar banget dan sama sekali tidak salah, tapi ada nih satu lagi yang maha penting, jadi another shoulder to cry on a.k.a tempat curhat.

 

Salah satu hal yang menduduki posisi #trendingtopic buat dicurhatin adalah nyiapin dana pendidikan. Setiap orang tua, pasti punya cita-cita memberikan pendidikan terbaik untuk anak-anaknya kan ya, nah ketika kamu mulai mengetahui besaran biaya sekolah, dan kuliah mulailah kegalauan, ketidakpercayaan diri dan banyak lagi drama mulai bermunculan.

Gini deh saya info dulu aja ya survei dana Pendidikan terkini dari beberapa sekolah, dan kenaikannya beberapa tahun lagi, siapa tau ini adalah sekolah pilihan para Powerful Woman:
https://i0.wp.com/womanation.id/wp-content/uploads/2017/11/biaya-sekolah.png?w=679

Jangan nagis dulu yuk! Saya mau cerita bahwa banyak klien yang dengan pendapatan bulanan standar dapat menyekolahkan anaknya di sekolah yang dicita-citakan, tidak murah memang, bahkan ada yang besaran SPP nya hampir setengah gaji perbulan.

Ini kuncinya jika Powerful Woman ingin berhasil meraih dana pendidikan yang di cita-citakan untuk si kecil, perhatikan tahapannya :

Financial Check Up

Ini adalah tahapan maha penting, di sinilah kita dapat mulai mengenali potensi finansial yang dimiliki, berikut hambatan yang dimiliki. Dengan mengetahui amunisi asset apa saja yang dimiliki, kita dapat menyusun strategi untuk mencapai tujuan finansial.

Cermati Hutang

Jika memiliki hutang konsumtif, tidak ada alasan untuk segera dilunasi, tidaklah bijak untuk fokus berinvestasi dengan tingkat keuntungan rata-rata setengah dari nilai besaran bunga kartu kredit atau KTA.

Selain hutang konsumtif, hutang KPR/KPA dan mobil juga perlu di evaluasi, apakah sudah memasuki masa floating, apakah membahayakan rasio hutang dibandingkan pendapatan, apakah terdapat pilihan take over kredit atau melunasi sebagian.

Proteksi

Proteksi jiwa dan kesehatan adalah tahapan awal untuk melindungi anak-anak secara finansial. Jangan sampai ketika orangtua meninggal, anak putus sekolah atau tidak dapat melanjutkan Pendidikan, di sinilah perlunya proteksi dari asuransi jiwa.

Jika keluarga Powerful Woman dilindungi askes dari kantor, sudah sangat bagus, artinya tidak perlu lagi membeli proteksi askes. Namun jika tidak, belilah askes stand alone yang murni, jika belum ada dana yang cukup, BPJS bisa dijadikan pilihan yang memadai.

Investasi

Sudah tahu kan angka biaya sekolah beserta inflasinya? Gimana, masih belum mau investasi karena takut resiko? Jika tidak mulai berinvestasi, justru Powerful Woman sedang menciptakan resiko anak tidak dapat melanjutkan sekolah. Bayangkan angka inflasi 15% pertahun, dan hanya berani menabung?
Jangan salah beli produk.

Apapun yang dilabeli kata “pendidikan” biasanya akan menjadi top selling product, ya positifnya artinya orang tua sangat perduli pada anak, tapi disisi lain mungkin anda para orang tua kurang mau belajar. Coba, apakah pernah membaca isi polis asuransi Pendidikan anda?

Menjadi orang tua yang terus belajar untuk bisa cerdas finansial, adalah salah satu bentuk nyata kasih sayang terhadap anak, karena Powerful Woman mau melakukan usaha untuk menciptakan kehidupan dan kesempatan yang layak bagi anak-anak.

Posted in
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial