Kemenangan Bisnis Online di Bulan Penuh Berkah

Facebook
Instagram
no-image

Apa sih yang tidak bisa dilakukan wanita? Terus aktif melakukan pekerjaan kantor atau rumah di saat puasa, wanita jagonya! Bahkan termasuk melakukan bisnis online. Nah, yang membuat wanita bisa sumringah di saat segala kesibukannya di tengah puasa, apa ya Womanation?

 

Wanita merupakan kunci segala kegiatan rumah tangga dapat berjalan dengan baik. Selama bulan Ramadan, waktu mereka makin sedikit untuk melakukan hal lain. Menurut hasil riset yang dilakukan Kantar, lebih dari 30% di antara wanita mengalami stres akibat tuntutan untuk menjaga rumah tetap rapi dan memasak hidangan selama Ramadan berlangsung. Sebanyak 28% merasa khawatir akan penampilan karena memiliki waktu terbatas untuk merencanakan pakaian yang harus dikenakan.

Terlepas dari segala kesibukannya dan di tengah keterbatasan waktu tersebut, untuk dapat tetap terhubung dengan teman dan terus mencari inspirasi selama menjalani bulan Ramadan, wanita menjadikan telepon seluler sebagai “mitra yang sempurna” bagi mereka. Hal ini dibuktikan dengan terjadinya lonjakan penggunaan ponsel selama Ramadan oleh pengguna wanita.

Menjangkau konsumen wanita di momen-momen tersebut jadi waktu yang paling pas bagi bisnis Anda, Womanation! Namun, pastikan Anda memperhatikan beberapa hal penting berikut agar kemenangan bisnis dapat Anda raih di bulan penuh kemenangan ini.

Hal yang Dicari dan Dibicarakan Wanita

Fokus terhadap hal yang banyak dicari atau dibicarakan wanita. Tiga topik utama berikut banyak dicari atau dibicarakan wanita, baik di Facebook, Instagram, maupun keduanya, dapat menjadi kunci bisnis online Anda.

 

1. Facebook dan Instagram: makanan (resep, makanan sehat, dan makan siang)
2. Facebook: rumah (kebersihan, bersih-bersih, kamar mandi)
3. Instagram: busana muslim (belanja, happy, #hijab, #love, dan #fashion)

Pastikan Anda Bergerak di Momen Penting

Jangan sampat terlewat, ya! Beberapa momen utama Ramadan berikut bisa Anda manfaatkan untuk memperkenalkan dan meningkatkan penjualan bisnis.

1. 2 minggu sebelum Ramadan. Orang-orang mulai berpikir untuk membersihkan diri dan rumah mereka. Momen tersebut jadi momen tepat untuk brandperlengkapan dan perawatan rumah, makanan dan minuman, serta perawatan diri.
2. Minggu pertama Ramadan. Fokus pada minggu-minggu pertama Ramadan adalah berbuka puasa dan kebersamaan dengan keluarga dan teman. Pada momen ini, brandrestoran dan pakaian sebaiknya menjalankan kampanye yang menargetkan inspirasi fashion atau ide-ide dan promosi makanan.
3. Minggu ke-2 dan ke-3 Ramadan. Minggu kedua dan ketiga adalah saatnya untuk reuni dengan teman–teman, momen wanita ingin menunjukkan penampilan terbaiknya.
4. Minggu ke-4 Ramadan. Orang-orang mulai kembali ke kampung halaman dan menyiapkan perayaan di rumah. Pada momen ini, kegiatan berbelanja hadiah mencapai puncaknya, kesempatan yang sangat baik untuk brand barang-barang kemasan menawarkan produk-produk, jasa, atau solusi edisi khusus Ramadan.

Strategi Cerdas Bisnis Online Lainnya

1. Jadilah brand yang dapat memberikan solusi, jangkau konsumen dengan solusi rumah tangga terbaik, paket resep, dan solusi fashion.
2. Ceritakan tentang brandAnda lewat konten mikro yang relevan dan inspirasional agar konsumen tertarik mengeksplorasi lebih jauh.
3. Bangun koneksi melalui gambar, video, carousel, dan canvas secara kreatif.
4. Tawarkan promosi, saran, dan tip inspirasional yang dapat membuat bulan Ramadan jadi lebih menyenangkan.
5. Jangan lupa, terus lanjutkan momentum ini hingga pasca Ramadan karena tercatat bahwa wanita berbelanja 21% lebih banyak pada momen tersebut dari rata-rata bulan-bulan sebelum Ramadan.
6. Selama musim ini, pertimbangkan untuk menjangkau konsumen wanita dengan demografi yang lebih spesifik menggunakan Interest Targeting, atau buat Custom Audience berdasarkan daftar nama kontak yang Anda miliki dan optimalkan penempatan iklan di Facebook, Instagram, serta jaringan audiens untuk hasil terbaik.
7. Untuk menjangkau pelanggan baru, buat Lookalike Audience berdasarkan pelanggan yang ada untuk mencari wanita yang memiliki perilaku dan kebiasaan mirip.
8. Untuk memulai silakan klik:

Facebook Blueprint—pelajari segala hal yang Anda butuhkan untuk menguasai iklan Facebook dan Instagram

Mobile Studios—tip dan rahasia untuk iklan terbaik di ponsel

Facebook Creative Hub—buat contoh dan lihat seperti apa iklan Anda nantinya di Facebook dan Instagram

Sumber:

Selain yang disebutkan di atas, semua data diambil dari data internal Facebook, Malaysia dan Indonesia, 1 Apr hingga 5 Agt 2016.

Ramadan study, Kantar research (ditunjuk oleh Facebook), n= 1000+ Muslim berusia 18+ di Indonesia dan Malaysia, Jan 2016.

Data internal Facebook (berdasarkan data pixel Facebook untuk website dan acara aplikasi ponsel), Indonesia, Apr hingga Juli 2016.

 

Editor: Andiana Moedasir

Posted in
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial