Kerutan Halus di Wajah? Apakah Tanda Penuaan Dini?

Facebook
Instagram
no-image

Meskipun bukan masalah kesehatan yang serius, kerutan halus di wajah bisa menjadi momok bagi sebagian wanita karena membuat wajah tampak tua. Munculnya masalah tersebut sangat wajar dan merupakan kondisi alamiah seseorang. Biasanya kerutan dapat muncul di bagian dahi, bawah mata, pipi, dan area lain dari wajah.

Penyebab Kerutan Halus

Penyebab adanya kerutan, terutama yang terjadi pada usia dewasa muda, antara lain adalah sebagai berikut.

1. Kurang minum air putih sehingga kulit menjadi kering, kusam, dan muncul kerutan.

2. Kurang istirahat dan mengakibatkan kelelahan sehingga memicu timbulnya kerutan pada area mata yang dapat menyebabkan pengenduran pada lingkaran area mata.

3. Kesalahan dalam menggunakan kosmetik yang berakibat pada timbulnya jerawat, flek hitam, hingga kerutan pada kulit wajah saat Anda berhenti menggunakannya.

4. Paparan sinar matahari yang terlalu sering pada kulit wajah.

Mencegah Kerutan Halus di Wajah

Tidak perlu khawatir! Sebelum memutuskan untuk melakukan perawatan ke dokter spesialis kulit atau dermatologist, berikut beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan sendiri di rumah untuk mencegah timbulnya kerutan pada wajah cantik Anda.

1. Pastikan Anda mengonsumsi air putih sesuai kebutuhan tubuh setiap hari untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh dan agar kulit tetap lembab sehingga kerutan dapat teratasi.

2. Konsumsi makanan yang banyak mengandung antioksidan untuk mencegah efek dari radikal bebas seperti sinar matahari (UV). Buah berry, seperti strawberry, blueberry, blackberry, serta daging, telur, dan cokelat dapat menjadi pilihan. Selain itu, penuhi pula asupan vitamin A, B kompleks, C, dan E dengan rutin mengonsumsi buah dan sayur.

3. Jika kerutan telanjur terlihat jelas, siapkan kain lembut dan air hangat. Basahi kain tersebut dengan air hangat dan tepuk-tepuk secara merata bagian wajah yang berkerut, seperti di mata atau dahi, menggunakan lap basah. Cara ini efektif dilakukan sebelum dan saat setelah bangun tidur.

Jika merasa kerutan di wajah sangat mengganggu penampilan dan membuat jadi tidak percaya diri, jangan ragu untuk menyerahkan perawatannya pada dokter kulit atau dermatologist kepercayaan Anda, ya! Ingat, hanya yang Anda percaya dan sudah terbukti benar kualitas kerjanya. Bagaimanapun, wajah adalah identitas Anda!

Image via barraesthetics.com

Posted in
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial