Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks Ajak Generasi Muda Lindungi Diri Kanker Serviks I

Facebook
Instagram
1 (1)

Sebuah koalisi penggerak kampanye advokasi publik #CegahKankerServiks, Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks (KICKS) kali inibekerja sama dengan Wardah dan Communication Department Binus University mengadakan sebuah kegiatan talk show bertajuk “Don’t Let Your Dreams Fade Away, Kenali Kanker Serviks dan Pencegahannya” di Kampus Binus Syahdan, awal November lalu. Kegiatan yang dihadiri oleh 150 mahasiswa Communication Department Binus University tersebut bertujuan untuk mengedukasi dan mengajak generasi muda Indonesia melindungi diri serta melakukan pencegahan sedini mungkin agar terhindar dari kanker serviks.

Meskipun Kanker serviks merupakan satu-satunya kanker yang dapat dicegah dengan vaksinasi HPV, sampai saat ini kanker tersebut masih menjadi penyakit yang ditakuti dan memakan banyak korban jiwa. Berdasarkan data GLOBOCAN 2012 di Indonesia, sebanyak 26 perempuan meninggal setiap hari karena kanker serviks. Artinya, sebanyak lebih dari 9.000 keluarga di Indonesia ditinggalkan oleh ibu, anak perempuan dan istrinya karena kanker serviks setiap tahunnya. Oleh karena itu, vaksinasi HPV penting dilakukan sedini mungkin, khususnya bagi para perempuan di usia remaja agar mengurangi risiko terkena virus HPV. Jika kita tidak bertindak, kematian akibat kanker serviks akan meningkat hampir 50% pada tahun 2030.

Cindy Rani, SpOG-KFERmengatakan, “Kanker serviks banyak ditemukan pada perempuan usia produktif, dan dari keseluruhan kasus kanker serviks baru yang ditemukan di Indonesia, diketahui lebih dari 70% sudah pada stadium lanjut. Pada kondisi ini, pengobatan menjadi lebih sulit, lebih mahal serta tingkat keberhasilan juga menurun. Padahal, kanker serviks merupakan satu-satunya kanker yang dapat dicegah. Oleh karenanya, saya sangat menghimbau untuk para perempuan segeralah lindungi diri melalui pencegahan dengan vaksinasi HPV dan deteksi dini karena pencegahan jauh lebih baik serta lebih mudah daripada pengobatan.”

Melihat kondisi yang mengkhawatirkan ini, pada kesempatan ini KICKS mendapatkan dukungan dari Wardah dan Communication Department Binus University memberikan edukasi kepada para mahasiswa mengenai kanker serviks, gejala dan pencegahannya. Kegiatan ini penting untuk dilakukan mengingat para generasi muda Indonesia harus tetap menggapai mimpi dan cita-cita sehingga penting bagi mereka untuk melindungi diri mereka terlebih dahulu sebelum risiko kanker serviks merenggut mimpi mereka selama hidup.

Pada kesempatan yang sama, Duta Cegah Kanker Serviks, Prilly latuconsina mengatakan, “Sebagai Duta Cegah Kanker Serviks, saya percaya bahwa kanker serviks tidak seharusnya menghentikan mimpi generasi muda Indonesia untuk tetap hidup dan menggapai mimpi serta cita-cita indah mereka. Bersama KICKS, saya mengajakperempuan-perempuan muda Indonesia untuk mulai melindungi diri dengan vaksinasi HPV serta deteksi dini untuk melawan kanker serviks sesegera mungkin. Kita bisa mulai dengan memberikan perlindungan kepada diri kita terlebih dahulu agar kita memiliki kualitas kelangsungan hidup yang panjang sehingga dapat terus menggapai mimpi dan cita-cita yang kita miliki.”

“Misi KICKS yang ingin mengedukasi sebanyak mungkin perempuan Indonesia untuk melindungi diri dari kanker serviks dengan melakukan vaksinasi HPV segera, sejalan dengan salah satu program Wardah yaitu Wardah Inspiring Movement yang merupakan sebuah gerakan kebaikan inisiatif Wardah yang melibatkan serta mengundang partisipasi individu, kelompok, maupun organisasi untuk bersama-sama berkontribusi terhadap pembangunan Indonesia di bidang Pendidikan, Kesehatan, Pemberdayaan Perempuan, dan Lingkungan. Untuk itu, melalui kerja sama ini, Kami berharap jumlah perempuan Indonesia yang sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dan melindungi dari kanker serviks semakin meningkat sehingga mereka tetap dapat menggapai mimpi dan menginspirasi sesamanya. Wardah yakin bahwa kebaikan hati untuk sedikit berbagi akan memberi dampak yang luar bisa jika dilakukan bersama-sama.” Ujar Dwi Eliani, Public Relations Wardah Cosmetics.

Maria Anggia W, Head of Communication Department, Binus University mengungkapkan dukungannya terhadap kegiatan edukasi kanker serviks yang diselenggarakan oleh KICKS dan Wardah, “Kanker serviks merupakan silent killer bagi wanita yang tidak mengenal usia. Satu hal yang harus kita ingat dengan baik, perempuan adalah masa depan bangsa. Harapan kami, semakin tinggi kesadaran perempuan akan bahaya kanker serviks, semakin dini kanker ini dapat dicegah.”

Komitmen KICKS dan Wardah untuk terus mengedukasi perempuan di Indonesia tidak berhenti sampai disini saja. Selanjutnya, KICKS bersama dengan Wardah Inspiring Movement akan mengadakan kompetisi Tagline kampanye cegah kanker serviks yang dapat diikuti oleh mahasiswa dan mahasiswi Communication Department Binus University. Dengan berpartisipasi dalam kompetisi tersebut, mahasiswa juga turut berpartisipasi secara aktif menyebarkan informasi mengenai kanker serviks dan cara pencegahannya kepada generasi muda Indonesia.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial