Lebih Baik Mana, MPASI Instan atau Homemade?

Facebook
Instagram
WhatsApp Image 2019-06-21 at 18.11.10

MPASI, tahapan penting dalam tumbuh kembang buah hati, yang harus dicermati sebaik-baiknya oleh Moms.

Saat si kecil memulai MPASI, keterampilan Moms bertambah untuk mempelajari berbagai resep MPASI. Banyak Moms yang berusaha memberikan memberikan MPASI homemade karena menganggap lebih sehat dan aman dibanding makanan instan. Tetapi, sudah pahamkah Moms mengenai kebutuhan gizi yang harus dipenuhi oleh si kecil setiap hari?

MPASI yang baik harus mencukupi kebutuhan makronutrien yaitu karbohidrat, protein dan lemak, lalu harus terpenuhi juga kebutuhan mikronutrien-nya yaitu vitamin A, B, C, D, E dan vitamin K.

Dan memang pada dasarnya, yang terbaik untuk si kecil tentu MPASI yang dibuat sendiri atau homemade. Moms dapat mengetahui dengan jelas kandungan gizi dalam bahan makanan, begitu juga dengan berbagai bahan dan bumbu yang digunakan. Si kecil yang terbiasa dengan menu rumahan, akan memiliki peluang yang jauh lebih kecil untuk menjadi “picky eater”. Selain itu tentu yang paling penting adalah hemat biaya.

WHO dan UNICEF juga lebih menekankan pemberian MPASI yang dibuat sendiri di rumah daripada makanan instan yang diproduksi massal. Namun setelah dilakukan banyak penelitian klinis, ternyata banyak bayi tidak memperoleh zat gizi sesuai yang seharusnya didapatkan bayi.

Berikut hal yang harus Moms perhatikan untuk pembuatan MPASI homemade :

  • Bahan baku dan kandungan gizi harus seimbang.
  • Olah MPASI tanpa menghilangkan kandungan gizi dan higienitas.
  • Simpan dan sajikan MPASI dengan benar untuk menjaga kualitas kandungan dalam makanan.
  • Sajikan dengan alat-alat yang berkualitas dan higienis, contohnya Nuby Garden Fresh Mighty Blender untuk menghaluskan bahan makanan.

  • Lalu ada juga Nuby Garden Fresh Suction Bowl with Spoon and Lid yang bisa digunakan sehari-hari dan sangat cocok dibawa traveling bersama buah hati. Untuk Moms yang ingin membuat MPASI berbahan dasar sayur dan buah, dapat menggunakan Nuby’s new Garden Fresh Fruit and Vegggie Press. Yang juga sangat membantu Moms menyajikan MPASI adalah Nuby Garden Fresh Snack Pots in Tray, yang berfungsi untuk memudahkan Moms menyimpan frozen food.

Jika karena satu dan lain hal Moms sedang tidak dapat menyediakan MPASI homemade dan hanya bisa menyajikan MPASI instan, perhatikan hal-hal sebagai berikut :

  • Cek label makanan yaitu tanggal kadaluarsa dan kandungan gizi per takaran saji.
  • Perhatikan cara mengemas, tekstur dan warna bila kemasan bocor atau berubah warna dan bentuk.
  • Perhatikan aturan penyajian pada kemasan.
  • Pakai juga alat yang memudahkan Moms menyiapkan MPASI instan, misalnya Nuby Garden Fresh Mash n’ Feed, yang berfungsi melumatkan makanan dalam berbagai tekstur.

Selamat berpetualang di dunia MPASI ya, Moms!

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial