KEMENSOS RI: Pengasuhan Anak Sangat Krusial

Facebook
Instagram
no-image

Powerful Woman, belakang ini kasus kekerasan terhadap anak sedang sering terjadi. Baik di lingkungan rumah maupun di panti asuhan.

Hal ini menyebabkan semakin banyak anak-anak yang terlantar. Masalah demikian tentunya tidak membuat organisasi-organisasi perlindungan anak maupun pemerintah tinggal diam begitu saja.

Pemerintah menjawab dengan mengeluarkan Peraturan Pemerintah No. 44 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pengasuhan Anak (PP. 44/2017). Peraturan Pemerintah ini mengatur tentang pengasuhan anak apabila pada kondisi tertentu anak terpaksa hidup dengan keluarga selain orang tua kandungnya, atau di dalam lembaga asuhan anak. PP ini menjadi penting sebab pengasuhan anak sangatlah krusial dan menetukan masa depan anak tersebut.

Powerful Woman, saat ini kita telah melihat beberapa kasus yang memang berkaitan dengan pengasuhan anak seperti yang terjadi di sebuah panti asuhan di Tangerang yang menelantarkan dan mengksploitasi anaknya, lalu kasus orang tua kandung yang menelantarkan anak di Cibubur dan seorang anak usia lima tahun disiksa sampai meninggal dunia di Jakarta oleh ibu kandungnya. Kasus-kasus tersebut yang membuka mata kita supaya negara kita ini memiliki fungsi lebih dalam untuk mengatur dan melindungi anak-anak di dalam masa perkembangannya.

Peraturan Pemerintah ini juga akan mengantarkan pembentukan lembaga pengasuhan anak sebagai sebuah foster care agency. Lembaga Asuhan Anak atau Lembaga Kesejahteraan Sosial akan mempunyai kesempatan untuk menjadi lembaga yang mengurus persiapan orangtua asuh sebelum penempatannya disetujui oleh Dinas Sosial. Ini merupakan terobosan yang penting agar Panti Asuhan tidak hanya fokus pada pengasuhan anak di dalam saja, melainkan mendukung pula pengasuhan anak berbasis keluarga, terutama mereka yang masih memungkinkan diasuh di keluarga orang tuanya sendiri atau keluarga orang tua asuh.

Di dalam peluncuran PP No 44/2017 tentang Pengasuhan ini, dihadiri juga oleh Ketua Komisi 8 DPR RI, Ali Taher, Juga Venna Melinda, selebriti yang juga menjadi orang tua asuh. “Mengasuh anak pada dasarnya memerlukan keterampilan khusus. Tanpa membedakan apakah anak itu anak yang merupakan darah daging kita sebagai orang tua, dan tentunya kebutuhan-kebutuhan dasar lain seperti pendidikan, bermain dan mendapat bimbingan yang baik dari orang tuanya.” Jelas Venna Melinda.

Perlu ditekankan bahwa Peraturan Pemerintah tentang Pelaksanaan Pengasuhan Anak ini bertujuan untuk melindungi hak-hak mereka untuk diasuh dalam asuhan keluarga. Ini harus menjadi prioritas sebelum terpaksa ditempatkan di Panti Asuhan. Itu merupakan upaya terakhir dan bersifat sementara, sampai dengan dilakukannya pengasuhan permanen berbasis keluarga. Peran Panti Asuhan juga diperluas sebagai pendukung atau pelaksana pengasuhan berbasis keluarga.

Posted in
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial