Lingkaran, Platform Edukasi Kreatif yang Melahirkan 500 Program

Facebook
Instagram
1A160C1B-2791-4472-AA59-5450204D348B

Sejak 2014, lingkaran — platform edukasi kreatif di Indonesia, memiliki mimpi yang besar untuk menjembatani jarak antara hasil dari sekolah formal dengan apa yang sesungguhnya menjadi kebutuhan di dunia profesional. Setelah sekian lama berjalan, mereka menemukan fakta yang menarik: bahwa perubahan memanglah berasal dari dalam. 

lingkaran melakukan kolaborasi dengan pihak pihak yang berasal dari berbagai latar belakang, dari mulai komunitas di lapangan seperti CreativeMornings Jakarta dan Book for Good; usaha kecil menengah seperti Generasi90an dan Semesta; perusahaan nasional dan multinasional seperti Telkomsel, HSBC, dan FWD;  institusi pendidikan seperti MBA-ITB, PRasetiya Mulya, dan SMK; bahkan pemerintah seperti Bekraf, Kemenkop UKM, dan Kemnaker. Semuanya dilakukan untuk merespon isu spesifik tentang pertumbuhan personal dan profesional, tenaga siap kerja, serta wirausaha.

Sampai saat ini, lingkaran telah membuat lebih dari 500 program, memberi dampak positif ke lebih dari 5.000 peserta, menginspirasi lebih dari 80.000 orang, menciptakan kolaborasi yang tak terhitung, yang telah tersebar di Jawa sampai Sumatra.

Menghadapi isu kesiapan ketenagakerjaan dan industri 4.0, pada awal tahun lingkaran telah menginisiasi sebuah program baru yang diberi nama Digital Mastership, yang bertujuan untuk mempersiapkan pekerja masa depan dengan kemampuan yang dibutuhkan oleh perkejaan masa kini, yang ternyata sangat dicari oleh perusahaan digital. Digital Mastership telah berhasil diadakan di 2 kota, yaitu Jakarta dan Bandung.

lingkaran kemudian mendapatkan kesempatan untuk memultiplikasi program ini dengan bantuan dari Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker). Kemnaker mendukung lingkaran untuk memberikan beasiswa penuh untuk program ini, yang mengajak 80 orang terpilih dengan lebih dari 600 orang pendaftar.

Kewirausahaan adalah isu utama lain yang lingkaran coba untuk angkat. Hal ini juga didukung oleh fakta dimana ekonomi Indonesia diprediksi untuk meningkat sebesar 5.4 persen di 2018, lebih tinggi dari pertumbuhan sebesar 5.2 persen di 2017. Investasi diperkirakan untuk bertumbuh pada kecepatan yang lebih cepat, khususnya untuk pinjaman komersil ringan. Investor, dalam dan luar negri, mulai memberikan perhatian lebih terhadap bisnis lokal di Indonesia. Singkatnya, ini adalah saat terbaik untuk menjadi wirausaha di Indonesia.

Berdasarkan fakta tersebut, dan dengan mengetahui perjuangan rekan wirausaha lain untuk mendapatkan mentor serta pengetahuan tentang pengembangan bisnis, lingkaran meluncurkan Business Starter Pack, sebuah program 10 minggu pengalaman belajar yang menawarkan kemampuan wirausaha mulai dari pembuatan konsep, branding, sampai keuangan dan pemodalan. Lingkaran menyediakan pengetahuan, feedback dari ahli, pelatihan personal, dan network yang akan membantu para founders untuk memulai dan mengembangkan sebuah bisis yang sukses di industri kreatif. Program yang diluncurkan di periode Juli 2018 ini telah menghasilkan 5 alumni dari berbagai bidang termasuk fashion retail, F&B, dan layanan edukasi.

 

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial