Mencuci Tangan Penting Bagi Kesehatan

Facebook
Instagram
no-image

Mencuci tangan sebelum makan adalah perintah sederhana yang biasa dilakukan oleh para ibu kepada anak-anaknya, bahkan sebelum si anak mengetahui manfaat dari kegiatan tersebut.

Setelah mengetahui pentingnya mencuci kedua tangan, bukan hanya saat hendak menyentuh makanan, maka anak-anak akan terbiasa membersihkan tangannya sebelum melakukan aktivitas lain.

Tahukah Anda lebih dari 5.000 balita penderita diare meninggal setiap harinya di seluruh dunia sebagai akibat dari kurangnya akses pada air bersih serta fasilitas sanitasi dan pendidikan kesehatan?

Terkesan sederhana, namun jangan menganggapnya remeh. Mencuci tangan adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko infeksi virus atau bakteri yang berujung pada diare hingga kematian. Cuci tangan bisa mengurangi sekitar 40 persen penularan penyakit menular. Bahkan, diare bisa dicegah hingga 80 persen sampai 90 persen dengan melakukan cuci tangan dan sanitasi total, didukung oleh hal lain seperti makanan dan lingkungan.

Terkait hal tersebut, PBB mencanangkan 5 Mei dan 15 Oktober sebagai Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (Global Hand Washing Day). Salah satu tujuan kampanye ini adalah penurunan angka kematian balita akibat diare, selain sebagai upaya peningkatan pembangunan fasilitas sanitasi di sekolah. Akses air bersih dan sanitasi merupakan dasar penting untuk kehidupan anak-anak di seluruh dunia dilihat dari segi kesehatan, kelangsungan hidup, dan rasa penghargaan terhadap diri mereka.

Oleh karenanya, penting bagi Anda sebagai orangtua untuk mengajari kebiasaan mencuci tangan sedini mungkin pada anak. Dengan kunci utama kesabaran, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan orangtua agar edukasi mencuci tangan sejak dini dapat diminati hingga menjadi kebiasaan baik anak.

  1.     Sampaikan kepada anak bahwa mencuci tangan adalah penting.
  2.     Sediakan sabun dengan wadah yang unik atau dengan wewangian yang diminati anak.
  3.     Letakkan sabun di tempat yang mudah dijangkau anak saat hendak mencuci tangan.
  4.     Gantung lap bersih dengan model atau motif lucu sehingga memudahkan anak mengelap tangannya selepas mencuci tangan.

Selain beberapa cara di atas, mengedukasi anak dengan lagu-lagu menarik layak dicoba sehingga mereka dapat dengan mudah mengingat apa yang disampaikan orang tua. Selamat mencuci tangan dengan ceria!

 

Editor: Andiana Moedasir

 

Posted in
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial