Mengatasi Kerutan di Garis Senyum

Facebook
Instagram
no-image

Powerful Woman, senyum bisa mencerahkan hari-hari Anda dan orang-orang yang melihatnya. Orang yang mudah tersenyum juga akan memancarkan aura positif. Sayangnya, terkadang senyum menimbulkan kerutan di wajah. Alhasil, memberi kesan tua pada wajah. Anda tidak mau seperti ini, bukan?

Jika sehat dan hidup bahagia, kemungkinan besar Anda akan banyak tersenyum. Tapi saat berusia 30-an, kerutan kecil bisa muncul di garis senyum. Melansir dari laman www.purewow.com, Troy Surratt, makeup artist dan pendiri Surratt Beauty serta Sejal Shah, dermatolog kosmetik dan pendiri SmarterSkin Dermatology mengungkapkan apa yang Anda bisa lakukan untuk setidaknya meminimalisir kerutan di garis senyum.

Sebelum memulainya, apa sebenarnya kerutan di garis senyum itu? “Lipatan nasolabial adalah lipatan tipis seperti yang bisa terlihat dari hidung ke sudut mulut,” kata Shah. Garis itu bisa disebabkan oleh genetika. Cara tidur menyamping di salah satu sisi juga bisa memicunya. Intinya, garis itu tidak bisa dihindari karena merupakan tanda penuaan kulit intrinsik.

Cara tidur menyamping di salah satu sisi juga bisa memicu kerutan di wajah.

Memperlambat Kemunculannya, Bukan Menghindari
Tidak bisa dihindari bukan berarti tidak bisa diatasi. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi kerutan di garis senyum.

Metode perlindungan terbaik adalah selalu memakai tabir surya. Shah mengatakan, ide yang bagus juga untuk berhenti merokok, cukup tidur, makan makanan seimbang, dan olahraga rutin. Oh ya, usahakan mengubah posisi tidur Anda juga.

Apakah aman menggunakan filler untuk mengaburkan kerutan di garis senyum? “Ya, filler adalah pilihan pengobatan yang baik karena lipatan nasolabial ini cenderung lebih terlihat di pipi,” kata Shah.

Filler dapat digunakan untuk mengganti ‘volume’ yang hilang di pipi yang mengangkat lipatan ke atas. Mereka juga bisa digunakan langsung ke lipatan untuk mengurangi kedalamannya. Jika garis terlihat sangat dalam, Anda bisa menerapkan perawatan lainnya, misalnya ultrasound atau radio frequency.

Produk Over-the-Counter
Bagaimana dengan produk over-the-counter? Jika filler dan prosedur tidak sesuai, Anda pasti ingin memilih makeup untuk melembutkan garis. Surratt mengatakan, produk-produk over-the-counter bisa digunakan. Produk-produk semacam ini bisa membiaskan cahaya sehingga kerutan tersamarkan.

Kulit juga membutuhkan nutrisi yang banyak agar tetap awet muda dan bisa tampil menarik. Nutrisi ini bisa diperoleh dari berbagai makanan, seperti minyak zaitun, jus buah, rempah-rempah hingga air putih. Tak hanya itu, melakukan latihan otot wajah juga bisa memperbaiki kerutan wajah karena berarti melatih elastisitas kulit wajah.

Apakah sudah muncul kerutan di garis senyum Anda? Bila sudah muncul, Anda bisa mulai mencoba cara-cara di atas.

Posted in
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial