Menu Sarapan yang Baik untuk Diet

Facebook
Instagram
breakfast.jpeg

breakfast.jpeg

Womanation – Tidak sedikit dari kita yang melewatkan mengonsumsi makanan di pagi hari saat diet. Padahal seseorang yang setiap harinya melakukan sarapan, bisa lebih menjaga berat badan mereka dibanding dengan yang tidak sarapan. Namun, memang menu yang dikonsumsi oleh seseorang yang sedang menjalani diet dengan yang tidak diet biasanya berbeda. Seseorang yang sedang diet bisa memilih makanan ringan yang mengandung nutrisi tinggi karena jika kebutuhan nutrisi di pagi hari tercukupi, maka aktivitas yang dijalani akan berjalan lancar sehingga terhindar dari kebiasaan mengemil. Berikut adalah beberapa contoh menunya.

1. Telur

Dalam sebuah penelitian Internasional Journal of Obesity tahun 2005, orang yang memiliki obesitas karena kelebihan berat badan bisa diturunkan berat badannya sebesar 60% dengan mengkonsumsi telur untuk menu sarapan. Karena telur mengandung protein yang tinggi serta mengandung vitamin E, vitamin B-12 yang dibutuhkan oleh tubuh. Menu yang bisa dicoba yaitu telur rebus, telur orak-arik atau telur omelet dengan campuran sayur-sayuran.

2. Buah-buahan

Kandungan vitamin dan enzim yang ada di buah-buahan dapat mengeluarkan racun dan juga bisa mengurangi kadar kolestrol dalam tubuh. Oleh karena itu disarankan untuk mengonsumsi buah setiap hari, apalagi ketika diet. Menu yang bisa diolah yaitu jus, smoothies, salad buah, buah-buahan dengan campuran oatmeal.

3. Sayur-sayuran

Sayur-sayuran sangat cocok dikonsumsi saat pagi hari karena bisa membantu menurunkan berat badan dan memberi nutsrisi untuk kesehatan badan. Bisa dicoba dengan membuat aneka ragam sup dari jamur, jagung, brokoli dan wortel atau dibuat salad dan sandwich dengan campuran daging.

4. Umbi-umbian

Kentang dan ubi merupakan umbi-umbian yang mengandung karbohidrat namun tetap aman dikonsumsi saat diet. Caranya pun cukup praktis bila dipakai untuk menu sarapan, yaitu cukup direbus atau dikukus.

5. Gandum

Serat yang terkandung di dalam gandum bisa membantu perut tetap merasa kenyang. Selain itu, biji-bijian gandum juga dapat membasmi lemak yang ada di tubuh. Gandum biasanya diolah menjadi tepung untuk bahan pembuatan roti. Jenis gandum seperti oatmeal, granola, dan roti gandum cocok disantap saat pagi hari.

6. Yoghurt

Yoghurt merupakan minuman susu yang sudah difermentasi sehingga baik dikonsumsi di pagi hari untuk proses pencernaan. Yoghurt juga dapat membantu mengurangi nafsu makan di siang hari sehingga bila dikonsumsi secara rutin, karena sangat membantu program diet. Yoghurt bisa langsung diminum atau dicampur dengan buah-buahan dan sayur-sayuran.

7. Susu Rendah Lemak

Jika tidak suka dengan rasa yoghurt, sebagai gantinya maka pilihan susu rendah lemak. Mengkonsumsi susu rendah lemak memang disarankan untuk diminum saat pagi hari bersama menu diet lainnya. Misalnya kombinasi pisang dan susu atau roti gandum dan susu agar tubuh memiliki energi ltinggi untuk beraktifitas.

8. Teh Hijau

Teh hijau atau green tea mengandung antioksida yang tinggi sehingga sangat membantu untuk menurunkan berat badan. Selain itu, teh hijau juga bisa mengurangi nafsu makan dan menghilangkan lemak. Minumlah satu atau dua gelas teh hijau setiap pagi bisa juga dicampur madu agar tidak terlalu terasa pahit.

Posted in
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial