Pandai Bicara Itu = Berkomunikasi Secara Cerdas, Mau Tahu?

Facebook
Instagram
no-image

Tidak nyaman rasanya jika mendapat teguran dari atasan saat ada kesalahan yang Anda lakukan. Terlebih, caranya menegur Anda kurang pantas,

seperti membentak di depan rekan kerja atau dengan kalimat yang “memvonis” Anda tidak sungguh-sungguh dalam bekerja. Pernah merasakan juga, Womanation?

Well, jangan pernah anggap remeh perihal cara berkomunikasi, apalagi berkaitan dengan dunia kerja. Tidak sedikit kesalahpahaman hingga perselisihan terjadi karena keliru dalam cara berkomunikasi. Jika pernah mengalami ditegur Pak Bos dengan cara yang tidak menyenangkan, jangan sampai Anda melakukan hal yang sama kepada rekan kerja atau bahkan bawahan Anda.

Hal yang didambakan banyak orang adalah berkomunikasi hingga bisa diterima dengan nyaman oleh orang lain dan pesan dapat tersampaikan secara tepat sasaran? Nah, bagaimana agar Anda bisa pandai bicara alias berkomunikasi secara cerdas?

 

Dua Arah

Komunikasi dua arah terjadi ketika Anda menyampaikan sesuatu dan lawan bicara menanggapinya. Dengan demikian, ada timbal balik dari Anda maupun lawan bicara sehingga terjadi diskusi atau pertukaran ide, bukan perintah.

 

Adaptasi

“Di mana bumi di pijak, di situ langit dijunjung.” Beradaptasilah secara baik dengan lingkungan di mana pun Anda berada. Sesuaikan diri dengan gaya komunikasi orang lain, bahasa, atau bahasa sehari-harinya untuk dapat mengurangi jarak sehingga suasana akrab lebih terasa.

 

Pengertian

Isyarat verbal dan non-verbal dari orang lain mampu menunjukkan kepada Anda tentang tanggapan mereka akan apa yang Anda katakan. Kenali dan pahami isyarat ini untuk membantu Anda mengarahkan percakapan secara lebih tepat serta mencegah ketidaksetujuan atau hasil yang tidak produktif.

 

Bijaksana

Setiap orang memiliki hari buruknya masing-masing. Namun, jangan lantas hal ini menjadi alasan bagi Anda untuk bersikap tidak baik kepada orang lain. Bisa jadi mereka mempunyai hari yang lebih buruk dari Anda. Pikirkan tentang apa yang akan Anda katakan dan bagaimana hal tersebut akan memengaruhi orang lain. Bersikap hati-hati dalam hal ini akan mengubah pendekatan Anda dalam percakapan.

 

Akuntabilitas

Terkadang miskomunikasi terjadi begitu saja, terlepas dari usaha terbaik Anda untuk berbicara dengan jelas. Jangan saling menyalahkan karena hal ini tidak produktif dan tidak menyelesaikan masalah. Dukung budaya akuntabilitas dalam tim. Jika ada suatu permasalahan, tanyakan baik-baik perihal tersebut. Alih-alih menyalahkan seperti ini dan itu, lebih baik bekerja sama untuk memperoleh solusi terbaik.

 

Empati

Mungkin Anda membenci konfrontasi, terkadang tidak ada lagi jalan untuk menyelesaikan masalah. Tapi, hindari permusuhan! Berempati pada situasi orang lain akan membantu Anda mempertahankan nada dan pendekatan yang netral. Lihatlah dari sudut pandang mereka dan dengarkan apa yang mereka katakan (kita sering mengabaikan detail-detail penting ketika sampai pada kesimpulan).

Selain hal-hal di atas, komunikasi yang efektif juga perlu disertai dengan sikap dan gaya yang baik, ya Womanation. Antusias, bersungguh-sungguh, dan sopan adalah beberapa sikap yang akan membawa keberhasilan penyampaian komunikasi. Gaya berkomunikasi, misalnya sikap badan, cara berdiri, cara berpakaian, pandangan mata, suara, dan gestur tubuh merupakan bagian yang tidak kalah pentingnya untuk menunjang keberhasilan komunikasi.

Bersikap berani mengungkapkan dan berbicara dengan baik adalah bonus, tapi bukan penentu apakah seseorang merupakan komunikator hebat atau bukan. Hal terpenting adalah nilai-nilai dan pendekatan seseorang terhadap interaksi tersebut. Sering kali hal ini bukanlah apa yang Anda katakan, tapi cara Anda mengatakannyalah yang menentukan hasilnya. Sebagaimana James Hunt mengungkapkan, “The art of communication is the language of leadership.” (“Seni komunikasi merupakan bahasa kepemimpinan.”) Alasannya sederhana: Manusia adalah ciptaan yang kompleks.

Yuk, berkomunikasi secara cerdas agar kita bisa jadi komunikator yang efektif!

 

Image: www.wesroom.com

Posted in
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial