Penasaran 10 Hal yang Terjadi pada Tubuh Saat Jatuh Cinta? Yuk Tengok!

Facebook
Instagram
woman embarassed blushing

Masih ingat rasanya deg-degan, tangan berkeringat dan sensasi kupu-kupu di perut? Mungkin sebagian besar dari kita mengalami reaksi tubuh ini saat jatuh cinta pada usia remaja. Tak hanya pada usia remaja, jatuh cinta pada manusia dewasa juga menimbulkan banyak efek pada tubuh.

Penelitian menyebutkan, jatuh cinta melibatkan reaksi kimia hormon-hormon di tubuh. Apa saja sih yang terjadi pada tubuh manusia saat jatuh cinta? Yuk, simak penuturan seorang seksolog Kat Van Kirk, PhD berikut ini:

 

1. Adiksi seperti Ketagihan Obat

saat jatuh cinta

Foto: unilad.co.uk

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2010 di Rutgers University melaporkan, otak melepaskan zat kimia seperti dopamin, oksitosin, adrenalin, dan vasopressin.

Zat-zat tersebut lepas melalui interaksi yang berbeda dan membantu anda semakin dekat dengan pasangan. Semakin banyak zat-zat tersebut beredar di tubuh, maka semakin ketagihan anda dibuatnya.

 

2. Pupil Melebar

Ketika perhatian anda tertuju pada seseorang yang menarik, ada stimulasi yang terjadi dalam sistem pembuluh darah simpati. Dr. Kirk mengungkapkan, hak itu menyebabkan pupil mata melebar.

 

3. Mabuk

Hormon oksitosin atau yang biasa disebut hormon cinta ternyata efeknya sama dengan alkohol. Jika terlalu banyak, bisa membuat mabuk dan kadang bertingkah aneh

 

4. Pipi Merah, Keringat Dingin, dan Jantung Berdetak Cepat

saat jatuh cinta

Foto: visihow.com

Nah, ini dia gejala jatuh cinta yang sering ditemukan. Pipi memanas dan bersemu merah, berkeringan dingin, dan jantung berdetak lebih cepat?

Itu bukan hanya karena anda gugup namun sebenarnya merupakan efek dari stimulasi adrenalin dan norepinephrine di otak.

 

5. Punya Kekuatan Super

Dr Kirk mengungkapkan, “Oksitosin yang dilepas sistem tubuh anda ketika jatuh cinta sebenarnya bisa meningkatkan toleransi anda pada rasa sakit fisik.”

Maka, jangan heran kalau tiba-tiba seseorang bisa menjadi sangat kuat, seperti kekuatan seorang ibu yang mampu mengangkat mobil saat melihat anaknya terjepit di kolong mobil.

Reaksi spontan kekuatan super itu bisa saja muncul di saat kepepet, dalam keadaan anda jatuh cinta.

 

6. Nada Suara Perempuan Menjadi Lebih Tinggi

Tanpa sadar, nada suara seorang perempuan yang jatuh cinta dan berkomitmen dalam sebuah hubunga kasih sayang menjadi lebih tinggi.

Berdasarkan studi yang dipublikasikan dalam Journal of Evolutionary Psychology, ketika perempuan berbicara pada pria yang menarik baginya, suara mereka akan jadi lebih tinggi dan lebih feminin.

 

7. Berat Badan Bisa Naik

Hati-hati kalau sedang jatuh cinta, tetap pada pola makan sehat, ya!

Sebab sebuah review dalam Journal of Obesity pada tahun 2012, para peneliti menemukan bahwa saat menjalin hubungan cinta, baik laki-laki maupun perempuan biasanya akan lebih banyak makan. Bahkan wanita yang baru menikah berat badannya meningkat 12 kg dalam 5 tahun pertama setelah menikah.

 

8. Kreativitas Meningkat

yang terjadi pada tubuh saat jatuh cinta

Foto: tidesfollybeach.com

Saat jatuh cinta, reaksi kimia yang terjadi di otak membuat otak kanan seseorang lebih aktif. Akibatnya, imajinasi lebih tinggi dan kreatifitas lebih terpicu.

 

9. Meringankan Rasa Sakit

Berdasarkan studi yang dilakukan Stanford University School of Medicine pada tahun 2010, jatuh cinta yang intens akan sama efeknya seperti obat penghilang rasa sakit pada area otak.

 

10. Bisa Susah Tidur

Kegembiraan saat seseorang jatuh cinta bisa membuatnya sulit tertidur karena euforia di dalam tubuh yang membuat tubuh sangat berenergi saat pagi dan malam hari.

 

Nah, itulah yang terjadi di tubuh saat sedang jatuh cinta. Kalau Moms, merasakan yang mana saat jatuh cinta pada Dads?

 

Artikel asli : https://www.orami.co.id/magazine/penasaran-10-hal-yang-terjadi-pada-tubuh-saat-jatuh-cinta-yuk-tengok/

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial