Saatnya Belanja Online Lebaran, Siapa Takut?

Facebook
Instagram
no-image

Dalam kondisi berpuasa, rasanya ada rasa malas untuk bepergian membeli kebutuhan Lebaran. Siang hari, banyak aktivitas yang harus dilakukan. Sementara malam hari, waktu rasanya terlalu pendek. Belanja online Lebaran benar-benar jadi solusi.

Iya, belanja online benar-benar jadi solusi terutama dalam kondisi seperti saat ini, bulan Ramadan. Praktis sekali melakukannya, sambil menunggu waktu berbuka atau saat mengantuk di siang hari, tinggal lihat layar smartphone, pilih aplikasi belanja online terpercaya dengan pilihan produk yang sesuai dengan selera kita, pilih-pilih barang, transaksi, lantas tinggal tunggu barang yang kita beli tiba di rumah sesuai waktu yang diinformasikan.

 Womanation, kini belanja dapat dilakukan sepraktis itu. Rasanya bikin hidup lebih mudah. Tak ayal, tren window shopping pun berubah ke layar smartphone. Namun, kepraktisan tersebut harus diimbangi dengan informasi yang juga banyak untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan, seperti penipuan online shopping.

 Memilih Situs Belanja Online Lebaran Terpercaya

Berikut beberapa hal yang dapat diperhatikan agar belanja online Lebaran kita semulus yang diharapkan.

1. Hindari penggunaan kartu kredit, apalagi menyimpan informasi kartu kredit Anda di toko online
2. Jika terpaksa, hanya gunakan kartu kredit dengan pelayanan nasabah yang bermutu. Penting bagi Anda untuk memiliki dan menggunakan kartu kredit yang tidak akan menyulitkan diri sendiri, jika Anda melaporkan soal penipuan kartu kredit.
3. Jika merasa rumit dengan sistem pembayaran online, coba pilih situs yang menawarkan layanan COD (cash on delivery), sehingga memudahkan Anda karena pembayaran dilakukan saat barang tiba dan diterima.

 
Mengecek Kredibilitas Penjual Barang Online

Sementara Womanation, jika Anda tertarik membeli barang melalui online shop baru pada aplikasi Instagram atau Facebook, pastikan Anda mengetahui beberapa hal berikut.

1. Jumlah followers tidak menjadi jaminan apakah sebuah akun online shop terpercaya atau tidak. Pastikan Anda melihat jumlah postingan dari akun tersebut: Seberapa banyak, waktu postingan konsisten atau tidak, lihat tanggal/hari postingan terakhir dari akun tersebut. Bila postingan terakhirnya setahun lalu, bisa jadi akun tersebut sudah tidak diaktifkan oleh sang pemilik (penjual).

2. Lihat dari daerah mana barang dikirimkan. Sebisa mungkin pilih online shop dengan wilayah pengiriman terdekat dari lokasi Anda tinggal. Misal Anda tinggal di Jakarta, usahakan memilih online shop dari daerah Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, atau Bandung. Hal ini untuk menghindari lamanya barang yang akan Anda terima mengingat beberapa waktu mendekati Lebaran, perusahaan ekspedisi (kurir paket) akan penuh hingga overload. Tentu Anda tidak ingin barang yang Anda tunggu-tunggu untuk dipergunakan saat Lebaran malah tiba beberapa waktu setelah Lebaran, bukan?

3. Benar-benar perhatikan keterangan yang diberikan pada caption Jika Anda ingin membeli pakaian, pastikan Anda mengenal betul jenis bahan dan ukuran dari pakaian yang dijual. Jika ragu dengan warna yang terlihat pada foto, cobalah meminta real pict dari produk yang akan Anda beli saat menghubungi online shop bersangkutan. Bisa jadi warna yang tertera pada foto dengan warna asli pakaian mengalami sedikit perbedaan karena efek cahaya atau kamera. Jangan ragu bertanya untuk memastikan.

4. Lihat testimoni yang diberikan dari pembeli lain. Makin banyak testimoni yang diunggah, bisa jadi tolok ukur bahwa online shop tersebut terpercaya dan berkualitas.

 

Oke, selamat berbelanja online ya, Womanation! Bagaimanapun, tetap bijak dalam berbelanja dan jangan sampai berlebihan, ya!

Posted in
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial