Selalu Merasa Lapar? Ini 6 Alasannya!

Facebook
Instagram
photo-1524678516592-b3fbf8938717

Pernahkah Anda merasa sudah makan banyak tetapi masih tetap merasa lapar? Atau mungkin Anda adalah seseorang yang selalu merasa lapar sepanjang hari?

Bukan berarti rakus, semua itu ada alasannya kok. Inilah beberapa penyebab orang selalu merasa lapar!

 

Sebenarnya Haus, Bukan Lapar

Sering kali, dehidrasi terasa seperti rasa lapar.

Spesialis nutrisi mengatakan bahwa tubuh tidak bisa membedakan antara rasa lapar dan haus, jadi jika Anda merasa benar-benar lapar setelah makan, maka mungkin sebenarnya sedang mengalami dehidrasi. Untuk menghindari hal ini, pastikan minum segelas air bahkan lebih setelah makan.

Setelah tubuh terasa cukup terhidrasi maka kemungkinan besar tidak akan merasa lapar lagi.

 

Kurang Tidur

Kurang tidur menyebabkan adrenal menjadi overdrive, tubuh akan sangat membutuhkan energi tambahan, dan ini memengaruhi tingkat kelaparan.

Selain itu, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ketika Anda tidak bisa tidur, hormon ghrelin yang mengendalikan nafsu makan dilepaskan dalam jumlah yang lebih besar dari biasanya.

Untuk menghindari hal ini maka setidaknya tidurlah tujuh jam setiap malam untuk menjaga hormon Moms tetap bahagia.

 

Stres

Ketika sedang stres, maka tubuh akan melepaskan kortisol atau hormon stres untuk mengatasinya. Hormon tersebut memang dapat memiliki fungsi yang hebat. Namun, kortisol juga meningkatkan gula darah yang kita rasakan sebagai rasa lapar.

Penelitian mengatakan makan lebih banyak makanan dengan asam lemak dapat membantu mengimbanginya dan ada beberapa bukti bahwa omega-3 dalam minyak ikan dapat membantu mengurangi kadar kortisol.

 

Berolahraga Terlalu Keras

Olahraga sebenarnya bisa menjadi cara yang bermanfaat untuk mengurangi stres. Tetapi berolahraga terlalu banyak, terutama jika itu semua kardio, maka dapat mengacaukan tubuh Anda.

Meskipun intensitasnya mungkin berbeda-beda tergantung orangnya, terlalu banyak berolahraga dapat meningkatkan kortisol dalam tubuh. Sehingga akhirnya, Anda akan merasa lapar, lelah, dan sangat menderita.

 

Memiliki tiroid yang terlalu aktif juga disebut sebagai hipertiroidisme. Penelitian mengatakan ini adalah kelainan hormon yang ditandai dengan membakar kalori lebih cepat dan menjadi sangat kurus.

Sehingga orang dengan tiroid yang terlalu aktif perlu makan lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan energi mereka.

 

Tidak Mendapat Nutrisi yang Tepat

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa tubuh merasa kelaparan setelah makan besar. Tapi apa sebenarnya yang ada dalam makanan itu? Terlalu sedikit serat atau lemak dapat mencegah seseorang merasa kenyang.

Orang yang makan sarapan karbohidrat tinggi akan lebih mudah lapar daripada orang yang makan sarapan telur rendah lemak.

Nah, kini Anda sudah tahu, ya bahwa rasa lapar yang mungkin sering dirasakan bukan hanya karena kurang makan.

(MDP)

 

Artikel asli : https://www.orami.co.id/magazine/selalu-merasa-lapar-ini-6-alasannya/

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial