Sulam Alis: Bahayakah?

Facebook
Instagram
no-image

Apa bagian dari wajah yang sering diperhatikan orang? Iya, alis! Bagian ini seperti menentukan oke atau tidaknya penampilan riasan seorang wanita. Karenanya, wanita tidak mungkin mengabaikannya, selain sering merasa tidak puas karena bentuknya.

Ragam cara dilakukan untuk membuat alis tampak sempurna. Sempat digadang-gadang jadi sebuah tren di tahun 2016, mengalahkan tato alis, banyak orang kini berlomba-lomba mencoba sulam alis.

Sulam alis adalah teknik yang digunakan untuk memperindah bentuk dengan menggambar alis agar terlihat lebih tebal menggunakan bahan alami atau herbal dengan alat semacam embroidery machine (embroidery pen) khusus alis untuk membentuk alur di alis sehingga bisa awet hingga beberapa waktu lamanya. Dengan demikian, seseorang tidakdirepotkan untuk membentuk alis saat merias wajahnya.

Jenis Sulam Alis

Jenis sulam alis makin berkembang seiring teknik yang digunakannya untuk membuat hasil sulaman semirip mungkin dengan alis asli, mulai dari 2D, 3D, 4D, hingga 6D. Makin rumit teknik yang digunakan, makin mahal harganya, tetapi makin natural hasil yang ditawarkannya.

2D

Teknik sulam 2D memiliki arsiran dengan pola sejajar, hasilnya terlihat tidak natural dan kaku. Sulam 2D lebih cocok diterapkan untuk alis yang sudah memiliki bentuk, tetapi kurang lebat. Fungsinya untuk membuat alis terlihat lebih penuh.

3D

Alat (mata pulpen) yang digunakan untuk membuat teknik sulam alis 3 lebih lentur dan tipis. Alat ini memungkinkan pembentukan pola arsir alis yang lebih natural dan melengkung.

4D

Teknik 4D memberikan arsiran yang lebih lebat dan efek bayangan pada alis. Teknik ini menggunakan pewarna organik dengan molekul nano yang cepat diserap kulit.

6D

Arsiran rambut alis pada teknik ini lebih rapat sehingga tampak lebih lebat dan jauh lebih alami dari teknik lainnya. Selain itu, ada pula arsiran bayangan di balik setiap serat rambut alis sehingga memberikan hasil akhir yang alami dan lebih indah. Tak heran, walaupun lebih mahal, banyak wanita menyukai teknik sulam alis ini.

Apakah Sulam Alis Berbahaya?

Powerful Woman, belum ada pemberitaan yang menyebutkan bahwa menyulam alis berbahaya. Namun, kita harus menyadari bahwa segala hal yang dilakukan secara tidak alami pada tubuh, akan memberi efek samping, tidak terkecuali saat menyulam alis. Perlu diperhatikan bahwa untuk melakukan sulam alis menggunakan alat berbentuk pena dengan ujung seperti silet yang akan digoreskan pada alis.

Karenanya, berikut beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan Anda untuk melakukannya.

1. Penggambaran dilakukan dengan membuat sayatan tipis menggunakan pena dengan ujung pisau kecil yang sudah diolesi tinta. Proses ini pasti menyakitkan. Apakah tidak ada anestesi? Pasti ada! Namun, respons sakit setiap orang berbeda-beda. Karenanya, ada orang yang masih bisa merasakan sakit walaupun sudah diberikan krim anestesi saat akan melakukan sulam alis.

2. Tinta yang digunakan untuk melakukan sulam alis menembus lapisan kedua pada kulit. Sayatan dan goresan yang dilakukan untuk membentuk alis menggunakan pena berujung tajam tentu dapat merusak lapisan epidermis kulit. Hal ini berisiko merusak saraf kulit dan menyebabkan terganggunya peredaran darah.

3. Sayatan pada lapisan kulit dapat mengakibatkan terganggungnya kondisi alis dan akarnya. Lama kelamaan, hal ini bisa menyebabkan alis alami Anda rontok karena pertumbuhannya yang terganggu. Tentu saja, alis alami Anda tidak akan pernah lagi sama seperti sebelum Anda menyulamnya.

4. Hindari melakukan sulam alis jika kulit Anda tergolong sensitif. Bercak merah, bengkak, serta rasa panas dan perih bisa timbul sebagai reaksi iritasi karenanya.

5. Walaupun menggunakan bahan alami, teknik sulam alis tidak menjanjikan kelangsungan jangka panjang. Bisa jadi hasil dari sulam alis yang Anda lakukan hanya mampu bertahan tiga tahun. Pikirkan dengan baik, jika hasil sulam alis yang Anda lakukan sudah memudar, Anda akan melakukan apa untuk membuat alis Anda tampak “normal” kembali.

Bagaimanapun, alis alami Anda tidak akan kembali seperti sediakala. Apakah Anda akan ketergantungan melakukan sulam alis?

Tertartik dan Ingin Mencobanya?

Jika Anda tertarik untuk mempercantik alis dengan teknik menyulam, pertimbangkan hal berikut sebelum memulainya.

1. Pastikan Anda sudah memahami risiko dan efek samping dari menyulam alis, termasuk jika Anda berjenis kulit sensitif.

2. Kenali bentuk alis alami Anda dengan baik dan tentukan ingin membentuk alis Anda seperti apa dengan melakukan sulam alis.

3. Tentukan jenis sulam alis yang sesuai dengan kebutuhan dan tentu saja anggaran Anda.

Powerful Woman, sejatinya setiap orang menyukai keindahan. Tentu, Anda pun ingin terlihat cantik di mata orang lain. Namun, keindahan dari dalam hati jauh lebih baik untuk melahirkan kecantikan fisik yang tidak bisa digantikan dengan metode (tidak alami) apa pun. Karenanya, jadilah lebih percaya diri dengan kealamian Anda!

 

Posted in
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial