Suramadu Festival 2017, Pesta Wisata Madura

Facebook
Instagram
no-image

Indonesia kaya! Dari ujung timur ke barat, Indonesia kaya akan potensi budaya dan wisata. Beberapa sudah berkembang dan dikenal hingga mancanegara. Beberapa memiliki potensi tak kalah hebat, sedang digali, salah satunya Madura.

Untuk pertama kalinya, Suramadu Festival digelar di tahun ini. Jangan lewatkan kesempatan menikmati keseruannya!

Mengenal Madura

Pulau Madura dengan luas sekitar 5.250 kilometer persegi, berbentuk seakan mirip badan sapi, terdiri dari empat kabupaten, yaitu Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep. Madura memiliki ragam potensi pariwisata, mulai dari keindahan alam hingga budaya. Hal inilah yang kemudian menjadi latar belakang generasi muda Madura untuk menggelar Suramadu Festival pada 21 Mei 2017, dipusatkan di sekitar Jembatan Suramadu.

Acara Suramadu Festival 2017

Mengusung tema besar “Madura Bersatu dalam Seni dan Budaya”, festival ini menjanjikan ragam hiburan menarik, mulai dari aktivitas olahraga, seni dan budaya, kuliner, hingga pameran kerajinan. Aktivitas olahraga yang akan digelar adalah Suramadu Fun Run, yaitu maraton sejauh 10 km yang diharapkan diikuti 1000 peserta dengan hadiah utama sebuah sepeda motor ini akan menggunakan rute melintasi Jembatan Suramadu. Uniknya, dalam kegiatan lari ini peserta diwajibkan menggunakan lurik khas Madura.

Selain itu, di panggung Jembatan Suramadu sisi Pulau Madura akan digelar beragam pementasan seni dan budaya khas Madura, mulai dari Hadrah Massal, Nasyid Festival dari beberapa pesantren di Madura, pertunjukan karapan sapi, musik Ghul Ghul, tari Topeng Gethak, tari Moang Sangkal, tari Duplang, bazar batik madura, dan pertunjukan Sapi Sonok. Suramadu Festival 2017 juga akan diramaikan oleh artis nasional asli Madura, seperti Yus Yunus dan Joni Iskandar. Tak kalah seru, wisatawan bisa menikmati aneka kuliner khas Madura, seperti soto madura, bebek songkem, rujak, dan berbagai makanan lain.

Suramadu Festival 2017 bisa dinikmati secara gratis. Masyarakat setempat maupun wisatawan yang ingin ikut berpartisipasi dalam acara Suramadu Festival, seperti Fun Run 10 Kilometer, bisa mendaftar melalui website suramadufestival.com.

Tidak ingin melewati keseruannya? Yuk, atur jadwal traveling untuk menghadiri Suramadu Festival 2017!

Image via surabayaonline.co

 

Editor: Andiana Moedasir

 

Posted in
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial