Ternyata 6 Selebritis Dunia Ini Mengidap Lupus

Facebook
Instagram
32BA666A-071E-417C-BB5E-3AD5A4703215

Dari luar, para pesohor internasional ini tidak terlihat sakit. Padahal, para selebriti dunia ini mengidap penyakit lupus dan terus berjuang setiap harinya melawan penyakit autoimun ini.

Lupus merupakan penyakit mematikan yang hingga kini belum ada obatnya. Penyakit yang dikenal sebagai penyakit 1.000 wajah itu merupakan penyakit autoimun alias penyakit yang menyerang sistem daya tahan tubuh.

Tubuh penderita lupus memproduksi antibodi berlebihan yang menyerang sel atau organ tubuh sendiri. Padahal, antibodi harusnya melawan bakteri atau virus yang membahayakan tubuh. Dampaknya, antibodi merusak organ-organ tubuh. Seperti ginjal. hati, sendi, sel darah merah, leukosit, hingga trombosit.

Dengan kondisi seperti itu, bukan berarti orang dengan lupus (odapus) tidak bisa hidup normal. Mereka tetap bisa hidup normal, tapi harus menjalani hidup ekstra sehat. Mereka tidak boleh terlalu lelah dan stres, dan mereka juga harus cukup istirahat. terutama tidur. Tidur berguna untuk membentuk antihistamin yang bekerja memperbarui sel.

Dan para selebritis ini membuktikan bahwa didiagnosis lupus bukan akhir dari hidup mereka. Mereka tetap semangat menjalani hidup dan terus berkarya. Siapa saja mereka? Cari tahu yuk Moms!

  1. Selena Gomez

Instagram/selenagomez

Aktris dan penyanyi Selena Gomez diketahui mengidap lupus. Dia membagikan kisahnya melalui Instagram. Selena harus menjalani transplantasi ginjal karena lupus yang dideritanya.

Saat sedang “kambuh”, Selena harus membatalkan beberapa tur, melakukan kemoterapi, dan beristirahat sampai kondisi tubuhnya membaik. Setelah itu, baru dia siap kembali bekerja.

  1. Lady Gaga

Instagram/ladygaga

Penyanyi Lady Gaga dinyatakan positif lupus pada 2010. Kenyataan tersebut cukup mengagetkan. Dalam sebuah interview dengan Larry King, Gaga mengatakan bahwa dia tidak mengalami gejala lupus sama sekali. “Tapi sekarang, saya harus menjaga diri saya baik-baik,” katanya.

Seorang bibi dari Gaga meninggal karena lupus. Meskipun ada risiko yang lebih besar untuk terkena penyakit tersebut jika ada anggota keluarga yang mengidapnya, kemungkinan penyakit tersebut tidak kambuh juga tetap ada.

  1. Paula Abdul

Instagram/paulaabdul

Mantan Juri American Idol Paula Abdul juga ternyata mengidap lupus. Dia mengakui bahwa saat harus tampil secara langsung di hadapan kamera dan penonton di studio, dia kerap merasakan kesakitan dan kelehan sebagai dampak dari penyakit yang dideritanya itu.

Paula juga sempat beberapa waktu menghilang sebelum akhirnya dia bisa mengendalikan penyakitnya itu dan kembali berkarya. Meskipun dia harus betul-betul pandai memilih pekerjaan yang tidak akan berdampak buruk pada tubuhnya.

  1. Toni Braxton

Instagram/tonibraxton

Penyanyi peraih Grammy Award Toni Braxton juga mengidap lupus. Dia divonis menderita penyakit itu pada 2011. Pada interview dengan Huffpost Live, Toni mengakui bahwa dalam hari-hari tertentu, dia merasa tidak bisa melakukan apa-apa. Dia hanya bisa berbaring di tempat tidur.

“Ketika menderita lupus, kamu merasa flu setiap hari. Tapi, pada hari-hari lainnya, kamu akan merasa sehat,” ungkapnya. Saat lupusnya sedang “kambuh”, dia akan mengatakan kepada anak-anaknya bahwa dia akan rileks di tempat tidur untuk hari itu. Sesederhana itu.

Meskipun harus keluar masuk rumah sakit dan beristirahat penuh di waktu-waktu tertentu, Toni masih terus melakukan rekaman dan tampil dalam beberapa acara.

  1. Nick Cannon

Instagram/nickcannon

Nick Cannon didiagnosis lupus pada 2012. Mantan suami Mariah Carey itu sempat mengalami gejala lupus sebelumnya. Seperti gagal ginjal dan pembekuan darah di paru-paru.

“Saya super takut karena tidak tahu. Tidak pernah dengan soal lupus,” ungkapnya kepada Huffpost Live pada sebuah interview 2016 lalu. Nick mengatakan pentingnya mengatur pola makan sehat dan mengambil tindakan pencegahan untuk menahan agar penyakitnya itu tidak kambuh.

  1. Seal

instagram/seal

Seal menunjukan tanda-tanda discoid lupus erythematous pada usia 23 tahun dengan munculnya jaringan parut di wajah. Seal terbilang cukup tidak terlalu lantang berbicara tentang lupus seperti selebritis penderita lupus lainnya.

Namun, dalam sebuah interview, Seal mengungkapkan bahwa seni dan musik menjadi sarana untuk menyalurkan rasa sakit dan penderitaannya.

Itulah sederet selebritis dunia yang mengidap penyakit lupus. Semoga mereka terus diberikan kesehatan dan bisa tetap berkarya ya.

(AND)

Artikel asli : https://www.orami.co.id/magazine/ternyata-6-selebritis-dunia-ini-mengidap-lupus/

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial