Tip Menjadikan Anak Sukses Finansial

Facebook
Instagram
no-image

Percayalah bahwa cara Anda mendidik anak-anak mengenai uang sangat berpengaruh untuk kesuksesan finansial anak-anak kita di masa depan.

womanation.id – Cita-cita semua orang tua pasti ingin sekali melihat anak-anaknya bisa mendapatkan pekerjaan yang baik dan mapan di masa depan. Namun, selain memberi bekal pendidikan formal berkualitas, Powerful Woman juga harus memberikan pemahaman konsep pengelolaan uang. Percuma saja jika anak-anak nantinya memiliki penghasilan tinggi tapi tidak bisa mengelola uang, tidak akan pernah cukup, dan kemungkinan gagal menyiapkan masa depan akan besar sekali, apalagi social pressure akan semakin kencang, sehingga tantangan yang dihadapi pun akan semakin berat.

 

Banyak sekali saat ini saya jumpai orang dewasa yang gagal mengelola penghasilan, karena sulit membedakan kebutuhan dengan keinginan, sehingga memilih gaya hidup yang tidak sesuai kemampuan dan kebanyakan terlilit hutang kartu kredit.

Mengajarkan konsep uang bisa dimulai sedini mungkin. Untuk rentang usia 3-5 tahun Anda bisa mulai mengajak dan melibatkan mereka dalam berbelanja. Rencanakan bersama apa yang ingin dibeli di supermarket dan buat catatan sebagai pengingat. Jangan membeli barang-barang diluar dari apa yang direncanakan sebelumnya, jika anak merengek dan menangis, Powerful Woman harus berusaha untuk menjelaskan bahwa uang yang dimiliki cukup untuk membeli barang-barang pada daftar, namun belum lainnya, tegarlah menghadapi rengekan mereka. Hal ini akan mengajarkan kepada mereka bahwa tidak semua keinginan bisa dipenuhi, semuanya harus sesuai kemampuan, oleh karena itu perlu merencanakan keuangan.

Jika anak Anda ada pada rentang usia 6-11, biasanya anak-anak yang sudah duduk di bangku SD, akan menerima uang saku. Memberikan uang saku secara bulanan akan mempermudah mereka untuk belajar. Jelaskan bahwa uang ini merupakan jatah mereka selama 1 bulan, dan dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan. Buatlah rincian daftar kebutuhan mereka lengkap dengan angkanya, apa saja biasanya kebutuhan anak-anak, misalnya untuk membeli makanan di sekolah, atau tempat les, ongkos transportasi jika mereka harus naik kendaraan umum.

Cantumkan juga apa saja yang menjadi keinginan mereka yang ingin dicapai, jika menabung dari sisa uang saku bulanan tidak cukup, berikan opsi mendapatkan penghasilan tambahan, seperti jika membantu pekerjaan rumah, membantu adik mengerjakan PR dll.

Membuat poin kebaikan juga dapat anda gunakan untuk memotivasi sikap baik, sekaligus membuat mereka mengerti bahwa, setiap memiliki keinginan harus berjuang terlebih dahulu. Misalanya, jika mereka disiplin, meraih nilai baik, atau prestasi lain berikan poin yang bisa ditukarkan dengan hal-hal yang menyenangkan.

Siapkan tabungan anak-anak di bank, karena biasanya pengalam dating ke bank akan membuat mereka akan tertarik dan semangat menabung, atau saat melihat catatan mutasi di buku rekening bank.

Bagaimana dengan Powerful Woman, apakah punya tips lain yang bisa di share kepada parents lainnya?

Posted in
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial