Usia Berapa Anak Sebaiknya Mulai Belajar Membaca & Menulis?

Facebook
Instagram
F8C9175D-ED45-4939-8C33-B7122CA91F76

Dear, Moms. Apakah anak Anda sedang menjalani fase akan belajar membaca dan menulis? Ini salah satu kegiatan parenting yang menantang, lho. Yaitu saat-saat menentukan anak Anda untuk belajar menulis dan membaca.

Banyak orang tua yang mengajarkan kegiatan ini dari sedini mungkin. Tapi, alangkah baiknya jika kita memerhatikan bahwa kemampuan anak sangat bergantung dari perkembangan fisik dan mentalnya. Dengan mengetahui waktu yang tepat untuk Si Kecil mulai belajar, maka kita bisa lebih efektif mengajarkan Si Kecil.

Biasanya, balita sudah mulai tertarik belajar membaca sekitar umur 2-3 tahun, karena pola pikir mereka yang mulai terbentuk dan mulai  memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

Proses belajar membaca sebenarnya memiliki beberapa tingkatan, yang biasanya dimulai dengan mengenalkan alfabet dan melafalkannya. Pada tahap ini, akan ada beberapa anak yang belajar lebih cepat daripada lainnya, tergantung dari perkembangan otak si kecil serta cara mendidik orang tua.

Jika anak Anda sudah menunjukkan minat baca tulis, tidak ada salahnya jika Anda mencoba beberapa cara yang akan membangkitkan minat baca tulis anak, di antaranya :

1. Sering-seringlah membacakan dongeng sebelum tidur kepada anak. Kegiatan ini akan melatih otaknya untuk lebih cepat berkembang.

2. Kelilingi anak dengan bahan bacaan yang menarik saat ia mulai tertarik dengan bacaan. Pilih bacaan dengan banyak gambar dan warna. Anak-anak sangat menyukai warna-warna cerah dan gambar-gambar yang lucu.

3. Ajari dengan permainan. Anda sebaiknya mulai mengajari si kecil belajar membaca dengan permainan, seperti bermain dan bernyanyi alfabet, membaca buku cerita, dan permainan lainnya.

4. Ciptakan ruang belajar yang kondusif bagi anak. Pastikan Anda memiliki ruang untuk anak bisa belajar membaca dan menulis tanpa terganggu dengan suara televisi atau kesibukan anggota keluarga lainnya di rumah.

5. Siapkan penerangan yang cukup, rak buku dengan banyak buku bacaan menarik, peralatan menulis dengan gambar karakter favorit anak, serta kursi dan meja belajar berkualitasbbaik, seperti Yamatoya Norsta Little Desk and Chair Natural. Yamatoya Norsta ini memiliki desain yang modern, dengan tekstur kayu pinus yang halus, kokoh dan tahan lama. Kursi meja cantik ini tersedia dalam 2 warna, yaitu natural dan hijau mint.

Selamat mencoba, Moms!

 

Posted in ,
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial