Waspadai Alergi pada Bayi

Facebook
Instagram
E4709624-38BE-4CC9-BC3E-1B0038166F05

Alergi sering menyerang pada bayi karena kulitnya masih sangatsensitif dan daya tahan tubuhnya masih lemah. Apakah bayiMoms sedang mengalaminya? Kenali yuk jenis alergi pada bayidan cara penanganannya.

Pemicu alergi bisa dari makanan, udara, atau bahan kimia yang bersinggungan dengan tubuh bayi. Tanda alergi yang paling mudah terlihat adalah jika muncul di kulit, misalnya ruam ataugatal.

Beberapa jenis alergi yang umum dialami bayi, di antaranya:

1. Eksim

Ada berbagai tipe eksim, namun eksim atopik adalah yang paling sering diderita bayi.

Ruam karena eksim terdiri dari benjolan merah kecil yang terkadang tampak seperti gejala kulit kering. Pemicu eksim yang paling umum adalah sabun dan kain yang menimbulkan iritasi.

Ruam eksim pada bayi di bawah enam bulan cenderung terdapatpada bagian kulit kepala, wajah dan dahi. Sedangkan pada bayiberusia antara enam bulan hingga satu tahun, ruam seringkalimuncul pada lutut dan siku.

2. Bintik-bintik merah

Bintik merah sebagai gejala alergi dapat menimbulkan rasa gatalyang membekas pada kulit dan berwarna merah. Bintik merahbisa muncul di bagian tubuh manapun dan biasanyaberkelompok.

3. Alergi makanan

Gejala alergi makanan adalah bintik merah, gatal, batuk, muntahdan diare. Hal ini bahkan bisa terjadi sebelum bayi memakanmakanan tersebut atau berasal dari ASI.

 

Beberapa makanan yang sering menjadi sumber alergi bayi, di antaranya adalah susu dan produk-produknya, kacang-kacangan, kerang dan sebagainya.

Sebagian besar alergi yang dialami bayi akan hilang dengansendirinya sejalan bertambahnya usia dan kekebalan tubuh yang semakin kuat. Namun, untuk meminimalkan risiko alergi, adabeberapa langkah yang dapat dilakukan :

1. Membersihkan pakaian bayi dengan deterjen hipoalergenik.

 

2. Menggunakan shampo, lotion dan sabun yang jugahipoalergenik, seperti rangkaian perawatan kulit bayi dariAveeno Baby, yakni Daily Moisturize Shampo & Wash and Lotion yang hipoalergenik, alcohol-free, no fragrance, danmengandung oatmeal, yang terbukti aman dan mampumelindungi kulit sensitif ataupun kulit kering bayi.

 

3. Membersihkan kasur bayi dengan air panas setiap mingguuntuk meminimalisasi timbulnya kutu kasur.

 

4. Lakukan vakum secara berkala pada kasur dan benda-benda yang berpotensi menyimpan banyak debu.

 

5. Perkenalkan makanan MPASI pada bayi secara bertahap.

 

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial