Yang Huiyan, Crazy Rich Asian Woman

Facebook
Instagram
160E510A-5C24-49FE-A0E3-8630DC0829F4

There she is! Yang Huiyan (36). Sepuluh tahun yang lalu, tepatnya di tahun 2008, Majalah Forbes menobatkan Huiyan sebagai orang terkaya ke-125 di seluruh dunia. Dan dia juga adalah perempuan terkaya se-Asia.

Pada 2007, seperti perusahaan lainnya yang akan go public di Hong Kong, ayahnya dan pendiri Country Garden lainnya mengajak Huiyan duduk dalam pertemuan perusahaan. Tidak heran memang jika ayahnya selalu mendidik dia untuk belajar berbisnis dan mencari duit.

Bahkan ketika Huiyang sedang belajar di AS, ayahnya masih mewajibkannya untuk melaksanakan pekerjaan paruh waktu untuk melengkapi uang kuliahnya, meskipun saat itu dia sudah sangat kaya.

Huiyan pun melakukan semua yang dia bisa untuk tetap melanjutkan studi empat tahun di negara bagian AS, Midwestern. Meskipun menjadi pemegang saham utama di salah satu perusahaan properti terkemuka di China, dia masih lebih memilih untuk tetap low profile dan memungkinkan ayahnya melakukan sebagian besar pembicaraan di acara perusahaan.

Sepuluh tahun berlalu, dan Yang Huiyan masih menjadi perempuan terkaya di Asia. 

Ayah Huiyan, Yang Guoqiang, mewariskan 70 persen saham perusahaan real estatnya, Country Garden Holdings, kepada putrinya, dan kini mencatatkan kekayaan sebesar USD6,3 miliar.

Terhitung pada 8 Januari 2018, saham dari Country Garden naik 7,4 persen di Indeks Hang Seng. Perusahaan itu sebenarnya adalah perusahaan yang didirikan ayahnya sendiri, Yang Guoqiang (Yeung Kwong Keung).

Yang Huiyan dinobatkan sebagai perempuan terkaya di Cina oleh Huyun Report. Dia menempati urutan orang terkaya ke-4 di Cina, sementara di atasnya gak ada lagi perempuan yang lebih kaya darinya.

Yang Huiyan menjadi orang terkaya di China, dengan kekayaan bersih hampir USD6 miliar. Yang masuk ke daftar tersebut setelah ayahnya, Yang Guoqiang, memberi hadiah kepada putrinya 70% saham perusahaannya, Country Garden.

Huiyan merupakan lulusan Ohio State University pada 2003. Ia menikahi putra seorang pejabat pemerintah China terkemuka pada 2006 yang ditemuinya lewat kencan buta. Selain menjadi pemegang saham mayoritas, Huiyan juga menjadi wakil ketua pengembang berbasis Provinsi Guangdong yang berfokus pada proyek perumahan kelas atas.

Perusahaan ini baru-baru ini memiliki lebih dari 110 proyek yang sedang berlangsung di China Selatan. Bukan hanya ke bisnis rumahan, tapi juga sangat terlibat dalam mengetuk sektor travel bisnis dan liburan.

Country Garden saat ini mengoperasikan tujuh hotel bintang lima dan dua hotel bintang empat, serta memiliki selusin hotel yang sedang dibangun sesuai dengan standar bintang lima.

Namun, Yang Huiyan dihadapkan pada masalah setelah kekayaannya turun lebih dari dua pertiga, karena pasar saham China anjlok bersamaan dengan pasar saham Amerika. Meski demikian, dia masih merupakan orang terkaya ketiga di China dan merupakan wanita terkaya di Asia.

Yang dan keluarganya adalah seorang dermawan. Mereka sudah mendonasikan kurang lebih US$ 100 juta untuk penanggulangan bencana, pengentasan kemiskinan, dan pendidikan anak kurang mampu.

Karena sifatnya yang dermawan, Yang pun dianugerahkan penghargaan China Charity Award pada 2008. Sudah kaya, dermawan pula. Hebat ya.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial